Rabu, 06 Agustus 2008

THE SECRET

Ada banyak pertanyaan dari teman-teman yang ditujukan ke saya mengenai tanggapan saya terhadap buku dan VCD "The Secret" karangan Rhonda Byrne yang penjualannya lagi booming dimana-mana. Setelah saya menyimak dan membacanya maka saya berpendapat: dari sisi positifnya, meneguhkan tentang kekuatan dari sikap dan posisi mental yang positif. Ada kekuatan dari percaya, atau yang disebut iman. Lucunya beberapa statement di buku itu tentang "faith" sama dengan statement yang Alkitab tuliskan. Misalnya: jika kamu percaya bahwa kamu sudah menerimanya maka kamu akan menerimanya, dsb. Sisi bahaya dari buku dan vcd itu menurut saya, yang pertama adalah mengeksplorasi seluruh keinginan pembacanya untuk diwujudkan-- yang mana dasar dari keinginan tersebut bisa nafsu, hedonisme atau cinta uang. Keinginan tersebut dibuahi dan menjadi matang oleh watak dasar orang berdosa yang kemaruk..maka suburlah mimpi untuk meraih segalanya dengan mudah, tinggal pikirkan saja, kemudian menjadi positif dan percaya...tidak ada pemahaman proses bahkan cenderung menghindarinya. Pancingan yang membangkitkan keinginan itulah yang berbahaya.."dunia sedang lenyap dengan keinginannya."..kata firman Tuhan.
Yang kedua, meyakinkan pembacanya bahwa semua yang terjadi dan diberikan oleh "semesta" (istilah dibuku itu) adalah berasal dan berpusatkan pada "pengolahan kemampuan diri"..ini merupakan pemahaman New Age movement yang menganggap kita sendirilah tuhan yang bisa mewujudkan semua keinginan kita dalam hidup. Sebuah upaya menjadi Tuhan...seperti yang setan katakan kepada Hawa: kamu akan menjadi sama seperti Allah. Keyakinan yang jelas datang dari kegelapan.

Pemahaman-pemahaman yang ada dibuku itu seperti mengambil SEBAGIAN yang Alkitab tulis. Yang luar biasa, hukum-hukum dan prinsip di Alkitab sendiri terasa seperti menjadi hukum alam ,siapa saja yang melakukannya dan dengan motif apa saja, maka hukum-hukum tersebut akan bekerja. Misalnya seperti yang dijelaskan dalam buku Secret tentang "berilah maka kamu diberi." Sayang sekali.. hukumnya dilakukan, Sang Pemberi hukumnya dilupakan. Saya dengar bahkan buku dan pemahaman Secret menjadi sumber inspirasi beberapa pengkotbah! Oh...Sekali lagi penyesatan bisa terjadi karena memeluk kebenaran yang satu dan melepaskan kebenaran yang lain. Cintai Tuhan saja dan hukum-hukumNya! Renungkan firmanNya siang dan malam dan jadi seimbang. Posting Cornelius Wing

tv